PR PUBLICITY Publikasi Product PR (Simulasi Kelompok) Persentasi Kelompok

Catataku PR Publicity  bersama Ibu Serepina Tiur Maida, S.Sos., M.Pd., M.I.Kom. pertemuan ke-3 (tiga).

Publikasi Product PR (Simulasi Kelompok)

Putri Mentari  183124350020030 / Fak.Ilmu Komunikasi / Universitas Mpu Tantular 



Bertemu lagi pada pertemuan ke-3 dalam mata kuliah PR Publicity, dalam pertemuan kali ini semua yang sudah berkelompok di haruskan mempresentasikan tentang product mereka. Dimana pada pertemua sebelumnya masing - masing kelompok berdiskusi untuk menentukan product nya. 
Dalam diskusi kelompok, kelompok saya mendapatkan kelompok empat. Yang beranggotakan Tri Wibawanto, Gadis Azizah dan Razak Khaidir. 
Dalam kelompok tersebut kami memperkenalkan beberapa product fiktit yaitu ; Madu, Kopi dan Kue Surabi.
Dimana product tersebut adalah product dengan konsep fiktif dan langsung dari petani atau UMKM yang ada di Indonesia, PT fiktif yang kami gunakan adalah PT SALANUSA FOOD. dan dari ketiga product tersebut pun sudah ada brand nya tersendiri, yaitu Madu Hutan Alami asli dari Banten, Kopi Andal khas Lampung dan Kue Serabi Khas Jawa Barat. 

Sebelum membahas Product yang kami hasilkan, putri akan sedikit membahas tentang Publisitas, Apa sih itu Publisitas? Apa manfaat nya ?

Pada dasarnya, publisitas adalah upaya yang dilakukan oleh suatu perusahaan agar bisa terlihat lebih dipercaya dan produknya bisa terus diingat oleh masyarakat luas. Upaya publisitas ini juga mampu memengaruhi suatu perkembangan bisnis. 

Ketika perusahaan melakukannya dengan tepat, sudah kesadaran akan suatu brand dari produk yang dipromosikan akan bisa lebih meningkat. 

Namun, yang menariknya dari proses ini adalah biaya yang lebih sedikit apabila dibandingkan dengan strategi pemasaran lainnya seperti iklan komersial. Walaupun anggaran yang diperlukan lebih sedikit, namun publisitas mampu memberikan manfaat yang sangat baik untuk suatu bisnis. 

Kenapa? Karena audiens yang didapat dari publisitas akan lebih luas, dengan begitu akan mampu melahirkan kesadaran akan suatu produk yang lebih cepat. 


Manfaat Publisitas ; - Membagun Kredibilitas, 
                                 Membuat Bisnis jadi Perhatian,
                                 - Tidak Membutuhkan Anggaran yang besar seperti Marketing.





Dari ketiga product  fiktif tersebut kelompok kami membuat Pemasaran seperti Publistas dan advertaising nya. 
Berikut Contoh Publikasi , Publisitas dan Pemasaran.


Produk yang Dihasilkan

Paduk Kopi yang dihasilkan dari petani kopi di daerah lampung, dengan pengelolaan kopi yang ramah lingkungan, sehingga menghasilkan produk kopi yang lebih sehat. 
Konsep Dasar Produk
Inti produk: Kopi Bubuk dan Biji kopi yang dapat diperoleh di pasar atau minimarket
Wujud produk: Kopi dengan khas lampung yang terkenal dengan jenis kopi Robusta
Nilai/Manfaat Produk
Kopi Robusta Lampung dapat memberikan manfaat lebih bagi para penikmat kopi, karena di olah dengan cara-cara yang ramah lingkungan dan non pestisida.



KOPI ANDAL KHAS LAMPUNG



KOPI ANDAL KHAS LAMPUNG 



Produk yang Dihasilkan

Di hasilkan oleh lebah liat yang hidup di hutan baduy. Lebah ini bukan ternakan, namun sudah ada di hutan, Sehingga lebih alami dan lebih berkhasiat. 
Konsep Dasar Produk
Inti produk:  Madu Hutan Murni adalah Suplemen vitamin daya tahan tubuh untuk menjaga kesehatan.
Wujud produk: Kental dan manis.
Tersedia Ukuran dalam bentuk botol 50ml, 100ml dan 150ml.
Nilai/Manfaat Produk
Kandungan vitamin di dalam madu dapat dimanfaatkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan dalam menjaga kesehatan
Sepanjang sejarah, madu sudah digunakan manusia untuk mengobati berbagai jenis penyakit, namun baru beberapa periode ini antiseptik dan antibakteri yang berasal dari madu bisa dijelaskan secara ilmiah. Madu memiliki kandungan air yang rendah (larutan lewat jenuh), sehingga air yang berada di dalam sel mikroorganisme yang masuk ke madu akan keluar (efek osmotik) mengakibatkan selnya mengerut dan mati.



MADU HUTAN ALAMI ASLI BANTEN


MADU HUTAN ALAMI ASLI BANTEN



Produk yang Dihasilkan
Pada dasarnya, Serba Serabi hanya memproduksi satu jenis kue, yaitu kue serabi polos yang berbahan dasar tepung beras serta dicampur bahan-bahan lainnya tanpa tambahan bahan pengawet. Namun yang membedakan Serba Serabi dengan produk sejenis adalah sajian serabi yang diberikan beraneka ragam jenis taburan dan rasa.
Konsep Dasar Produk
Inti produk: Makanan ringan tradisional yang telah dimodifikasi sesuai keinginan pasar yang mengenyangkan, enak dan dapat dikonsumsi kapan dan dimana saja.
Wujud produk: Kue serabi yang lembut dengan beraneka ragam taburan dan rasa
Nilai/Manfaat Produk
Kue serabi yang ditawarkan memiliki manfaat yang positif bagi kesehatan konsumen. Inilah manfaat inti dari produk Serba Serabi. Produk Serba Serabi juga memiliki manfaat potensial seperti menjaga lingkungan dan memperdulikan kesehatan pelanggan. Di dalam 1 buah serabi mengandung karbohidrat, protein, lemak dan kolestrol.




SURABI KHAS JAWABARAT


SURABI KHAS JAWABARAT


Sekian pembahasan blog kali ini, sampai ketemu kembali, dan pada pertemuan sebelumnya kelompok kami belum berkesempatan presentasi untuk membahas product kami. 


Terimakasih :)

Source ; https://glints.com/id/lowongan/publisitas-adalah/#.YVwau5pBw2w dan review sumber lain nya. 





bonus capture diskusi kelompok empat :)




Komentar