Catataku PR Publicity bersama Ibu Serepina Tiur Maida, S.Sos., M.Pd., M.I.Kom. pertemuan ke-1 (satu).
Brainstorming PRPublicity & RPS
Putri Mentari 183124350020030 / Fak.Ilmu Komunikasi / Universitas Mpu Tantular
Selamat siang semua nya teman teman ku, tidak terasa waktu begitu cepat berlalu. baru kemarin rasanya kita belajar dengan dosen tersayang kita ibu serepina, eh sudah bertemu kembali dengan beliau di semester tujuh ini. Bersyukur banget masih di kasih kesempatan olleh allah swt untuk tetap bisa mengikuti perkulihan ini dengan lancar tanpa hambatan, hemm tanpa hambatan ? oh tentu saja dengan hambatan. Namun tetap harus di lalui namanya kehidupan apapun yang terjadi dalam kehidupan ini pasti ada yang nama nya hambatan.
Disemester tujuh ini perasaan yang aku rasakan benar -benar campur aduk, ada sedih suka dan duka nya. Jujurly baru masuk satu minggu saja tugas sudah menumpuk 😩. yang aku bilang tadi ya namanya kehidupan , sama dengan perkuliahan ini. pasti ada saja tugas meskipun begitu tetap harus di kerjakan agar selesai tepat waktu. Menurut ku mengeluh tidak masalah ko manusiawi. itu adalah hak semua individu tidak boleh seorang pun melarang kamu untuk sekedar mengeluh, namun tetap haru ingat ketika keluhan mu membuatmu ingin mundur kamu haru lawan rasa itu dan bangkit.
Ah, sudahlah aku tidak mau terlalu banyak berbicara dengan opening blog pertama ku di pertemuan pertama di semester 7 ini dengan mata kuliah PR PUBLICITY.
Pada pertemuan pertama tentu saja dosen kesayangan kita semua memberikan informasi mengenai kontrak perkuliahan dan RPS yang akan di pelajari selama satu semester ini untuk syarat lulus tidak nya perkuliahan ini. ya sama dengan tulisan blog ini. tulisan blog ini merupakan salah satu syarat lulus mata kuliah PR PUBLICITY.
Sabarrr,, tunggu setelah ini pasti saya akan sedikit memberikan sekilas informasi mengenai apa sih PR PUBLICITY itu ? dan apakah PR PUBLICITY erat kaitan nya dengan hubungan kita di masyarakat ?
sebenar nya sudah tidak asing lagi dengan kalimat PR (public relations) dan publisitas, namun tenyata kedua nya dua hal yang berbeda.
"dikutip dari salah satu web ialah":
Publisitas bisa diartikan sebagai cara menyebarkan informasi kepada masyarakat luas, baisanya melalui media. Publisitas bisa dalam bentuk berita, cerita, informasi acara atau tulisan, yang memiliki tujuan untuk menciptakan kesadaran dan kredibilitas pada orang-orang tentang merek, produk, atau perusahaan.
Publisitas sendiri memiliki tujuan untuk menyebarkan informasi atau berita ke publik dan banyak orang dengan waktu yang singkat. Merupakan bentuk komunikasi tak berbayar dan informasi nya bisa bersifat positif ataupun negatif dan netral.
Kegiatan publisitas sendiri hanya sebatas menyebarkan informasi, meningkatkan kesadaran dan tidak ada kaitannya dengan jumlah penjualan produk atau perusahaan. Publisitas merupakan menciptakan kesadaran di masyarakat umum melalui komentar editorial atau tidak bias tentang suatu produk.
Public Relations (PR) merupakan alat manajemen strategik untuk membantu sebuah perusahaan atau organisasi dalam berkomunikasi pada publik. Dalam konteks ini publik memiliki arti sekelompok orang yang memiliki yang memiliki kepentingan atau berdampak pada kemampuan perusahaan untuk mencapai tujuan bisnis.
PR dengan berbagai upaya bertujuan untuk menjaga citra positif perusahaan dimata publik serta menjaga hubungan erat dengan mereka. Jadi PR memiliki banyak tanggung jawab bukan hanya untuk menyebarkan informasi dan meningkatkan kesadaran tentang brand ataupun perusahaan. Atau dengan katalain, publisitas merupakan bagian tanggung jawab dari PR.
berikut perbedaan dari PR dan Pulicity.
PR : Mengelola citra, dibawah kendali perusahan,positif, berbayar dalama anggaran PR, perhatian dan mencipatkan hubungan dengan publik.
Publisitas : Menyampaikan Informasi, tidak dibawah kendali perusahan, positif atau negatif, tidak berbayar, kesadaran masyakarat.
Dari penjelasan di atas kita sudah dapat memahami perbedaan dari keduanya. Publisitas dan PR merupakan dua hal yang berbeda tetapi memiliki keterkaitan. Keduanya memiliki kepentingan untuk menyampaikan pesan dari perusahaan kepada publik.
Namun PR memiliki tanggung jawab yang lebih banyak dibandingkan dengan publisitas, yaitu menjaga citra positif dari perusahaan dan juga meninciptakan hubungan erat dengan publik sehingga kredibilitas perusahaan pun tetap terjaga.
__________stay safe and Healthy 👌
source ; https://indonesiapr.id/
Komentar
Posting Komentar
Terimakasih atas Komentar nya...
Happy Always :)