Apa yang pikirkan ketika mendenger kata customer service?
malam ini putri akan berbagi sedikit cerita mengenai apa itu customer service .
Secara sederhana, Pengertian customer service adalah sebuah layanan yang dihadirkan oleh perusahaan yang memiliki tugas sebagai sarana konsultasi, pemecahan masalah serta pusat informasi bagi setiap klien/pelanggan yang dimilikinya.
Dalam bahasa Indonesia, Service artinya pelayanan dan customer adalah pelanggan. Menurut KBBI, pelayanan berarti upaya melayani kebutuhan orang lain dengan memperoleh imbalan.
Haksever et al. mendefinisikan pelayanan sebagai aktivitas ekonomi yang menghasilkan tempat, waktu, kegunaan, dan bentuk psikologis. Sementara itu, Edvardsson et al. berpendapat bahwa pelayanan adalah proses, kegiatan, dan interaksi serta perubahan kondisi orang dalam kepemilikan pelanggan.
Kata customer dalam bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai pelanggan atau konsumen yang di dalam KBBI diartikan sebagai pemakai barang hasil produksi atau pemakai jasa. Menurut Institute of Customer, pelanggan adalah seseorang yang menerima pelayanan dari pemberi pelayanan.
Dengan demikian, berdasarkan makna kata pembentuknya, COSTUMER SERVICE dapat diartikan sebagai usaha, proses, atau kegiatan melayani kebutuhan para pemakai barang atau jasa.
Melayani pelanggan, mendengarkan komplen / keluhan dari pelanggan sudah menjadi bagian dari pekerjaan ku, sebagai customer service di salah satu perusahan yang bergerak di bidang marketing advertaising sudah tidak asing dengan namanya pelayanan. dimana pekerjaan ku menuntut untuk menyelesaikan setiap permasalahan yang berkaitan dengan customer / pelanggan.
Setiap keluhan / komplen yang di layangkan kepada perusahan mengenai kesalahan / reject produk harus di tangai dengan baik dan tepat agar tetap menjaga citra perusahan dan brand tersebut. Hal yang pertama ketika mendaptkan komplen / keluhan dari pelanggan melalui media seperti Instagram, Whatsapp dan Email, ada hal yang harus dilakukan terlebih dahulu :
- Memverfikasi data customer terlebih dahulu.
- Menanyakan bagaimana customer mendapatkan product yang dikeluhkan.
- Melihat product / barang yang reject / rusak real saat penerimaan barang harus di unboxing melalui video.
- Jika ternyata memang benar barang yang di terima dalam keadan rusak dan semua verifikasi data sudah sesuai dengan SOP, akan di buatkan laporan nya ke team yang terkait.
- Memohon untuk customer mengisi form reject dan permintaan barang baru,
- Menginformasikan kepada customer bahwa permohonan barang yang reject akan di proses dan akan di gantikan dengan yang baru, tentu saja dalam hal ini sebagai customer service harus meminta maaf atas kesalahan yang terjadi. Meskipun barang yang reject terjadi di pengirman / kurir.
Dalam menerima case barang reject/ rusak / cacat meskipun terjadi hal tersebut pada saat perjalanan harus tetap di tangai dengan baik, karena customer merupakan kunci untuk berkembangan nya suatu perusahan.
Sekian dahulu, untuk malam ini berbagi mengenai apa itu customer service excellent.
Mudah- mudahan bermanfaat. Mohon Maaf jika ada kesalahan.
Selamat malam...... Sweet dream dear...
Source / refensi : https://salamadian.com/pengertian-customer-service/
Komentar
Posting Komentar
Terimakasih atas Komentar nya...
Happy Always :)